Posted by : Unknown Rabu, 19 November 2014

Jalan ke Sumbing

Sekilas tentang Gunung Sumbing
Gunung Sumbing terletak di empat kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kab. Magelang, Temanggung, Purworejo, dan Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian 3371 MDPL. Koordinat puncak Gunung Sumbing yaitu 7°23' LS dan 110°03'30" BT. Nama Sumbing diberikan pada gunung ini karena bibir kawah di sebelah timur laut telah hancur sehingga nampak seperti bibir sumbing. Sejarah letusan Gunung Sumbing pertama kali tercatat pada tahun 1730.
Lebih lengkap tentang Gunung Sumbing

Basecamp Pendakian
Pendakian dilakukan melalui Kecamatan Kaliangkrik, Kab. Magelang. Pos pendakian terletak di desa sebuah desa di lereng Gunung Sumbing. Basecamp pendakian berada di rumah kepala desa setempat. Tuan rumah sangat baik hati dan ramah kepada kami. Barulah kami datang kami sudah disuguhi minuman hangat dan makanan kecil. Di sekitar basecamp tidak ada warung makan sehingga pemilik rumah memasak makanan untuk kami. Pendataan pendaki dilakukan di basecamp ini dan tidak dipungut biaya. Makanan yang kami makan pun dengan ikhlas diberikan ibu pemilik rumah. Namun kami tetap memberikan uang secara sukarela. Pendakian dimulai pada pukul 15.30, saat itu cuaca gerimis. Ini dia penampakan basecampnya :
Rumah Kepala desa basecamp sumbing

Medan Pendakian
Sebelum mulai pendakian pastikanlah jalur pendakian yang diambil setelah dari basecamp merupakan jalur yang benar karena terdapat lebih dari satu jalan yang menuju ke gunung. Hal ini menjadi pelajaran bagi kami karena saat itu kami salah mengambil jalur pendakian sejak lepas dari basecamp. Jalur yang kami lewati lepas dari basecamp berupa anak tangga kecil yang sangat banyak yang berada di antara perkebunan milik warga. Beberapa anak tangga sudah rusak, dan pijakan licin ketika diguyur hujan sehingga hati-hatilah dalam melangkah. Perjalanan meniti anak tangga kecil berlangsung sekitar 30 menit. Jalur pendakian di sekitar perkebunan warga :

perkebunan warga di lereng gunung
Setelah melalui perkebunan, selanjutnya akan melewati hutan pinus yang cukup lebat. Medan pendakian di hutan pinus tidak terlalu menanjak, dan tanah pijakan cukup padat, namun saat hujan tanah akan menjadi sangat licin. Ini waktu di hutan pinus sekitar jam 17.30,
hutan pinus cukup panjang, sekitar 2.5-3 jam perjalanan barulah hutan pinus habis. Di sepanjang jalan, di hutan pinus , kami menemui beberapa sungai kecil.Selama perjalanan di hutan pinus perjalanan kami diiringi suara "jatilan". Ketika hutan pinus sudah mulai habis, kami kehilangan jalan setapak yang seharusnya menuntun kami ke puncak. Jalan yang kami ikuti berakhir pada semak dan tanaman perdu yang cukup lebat, namun masih dapat dilalui. Kami sempat kebingungan, tapi kami putuskan untuk tetap melanjutkan pendakian melewati semak perdu. Hingga jam 22.00, kami mulai kelelahan melewati banyak semak, medan yang menanjak dan tanah yang lembek membuat langkah semakin berat. Karena sudah terlalu lelah, kami memutuskan untuk mendirikan tenda. Namun, sangat sulit untuk menemukan lahan yang cukup datar di tempat ini. Tanah yang miring sedikit dikeruk menggunakan kayu sehingga tanah jadi lebih datar dan tenda bisa dibangun. Ini dia tendanya:
Selama melewati jalur pendakian, hampir tidak kami temui jejak pendaki, karena memang kami melalui jalur yang sangat jarang dilalui. Di pagi hari, pemandangan dari tempat kemah cukup indah, Gunung merapi nampak dari kejauhan,
pemandangan gunung sumbing
Setelah sarapan, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak. Dari tempat kemah, medan menuju puncak terus menanjak. Jalur pendakian dipenuhi dengan rumput-rumput dan pohon perdu. Langit tampak biru cerah.
jalan di lereng sumbing
Perjalanan menuju puncak cukup melelahkan. Kondisi tanah di jalur pendakian basah dan lunak. Langkah kaki akan terhambat tanah yang lunak sehingga memberatkan langkah. Dari tempat kami berkemah, puncak berjarak sekitar 2 jam perjalanan. Ini puncak Gunung Sumbing,
puncak sumbing
Puncak Gunung Sumbing tidak terlalu luas, terdapat batu besar di atas puncak. Kawah gunung tampak sudah ditumbuhi tanaman yang cukup lebat. Dibagian tengan kawah asap kawah masih mengepul cukup banyak. Berikut ini beberapa momen terbaik di Gunung Sumbing.

{ 2 Comment... read them below or Comment }

1. pasti dingin ya mas disini..tapi asyikk tuh keliatannya

Balasan
    1. ya dingin sekali pak di sini, ya asiknya pemandangannya bagus di sini

Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke Blog dan membaca artikel ini. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan. Kritik dan saran yang membangun akan sangat berharga bagi penulis.

- Copyright © Seribu Satu Langkah -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -