Posted by : Unknown Senin, 01 Desember 2014

suhu tubuh sangat dingin

Pengertian hipotermia
Tubuh manusia memiliki mekanisme untuk mengatur suhu tubuh. Suhu tubuh manusia rata-rata 36,5-37,5 derajat celcius. Jika suhu tubuh berada <36,5 atau >37,5 derajat celcius maka mekanisme menyeimbangkan suhu tubuh akan aktif, tubuh menyeimbangkan produksi panas dan kehilangan panas. Hipotermia adalah kondisi di mana tubuh mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan produksi panas dan kehilangan panas, panas tubuh berpindah ke luar tubuh sehinnga suhu bagian dalam tubuh berada di bawah 35 derajat celcius.

Klasifikasi hipotermia
Berdasarkan penyebabnya, hipotermia terbagi menjadi dua, yaitu :
1.Hipotermi primer : terjadi akibat individu sehat terpapar langsung dengan suhu dingin
2.Hipotermi sekunder: terjadi akibat adanya kelainan sistemik pada tubuh individu

Sedangkan berdasarkan suhu tubuh, hipotermia digolongkan ke dalam tiga jenis, yaitu :
Hipotermia ringan (34-36°C) 
Pada hipotermia ringan, tubuh akan menggigil secara hebat, warna kulit menjadi lebih pucat, detak jantung melemah. Jika kondisi ini terus berlangsung maka penderita dapat hilang kesadaran.
Hipotermia sedang (30-34°C)
Terjadi penurunan konsumsi oksigen oleh sistem saraf yang besar dan penurunan aliran darah ke ginjal pada kondisi ini. Gangguan irama jantung pada penderita akan terjadi jika kondisi ini terus berlangsung.
Hipotermia berat (<30°C)
Salah satu gejala pada hipotermia berat yaitu penderita merasa kegerahan pada suhu yang sangat dingin. Hipotermia berat dapat menyebabkan penurunan detak jantung yang sangat drastis. Penderita akan mengalami halusinasi atau koma, lebih parah lagi, penderita dapat meninggal dunia.

penderita hipotermia harus mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak terjadi akibat yang fatal. Pada pendaki gunung, hipotermia biasanya disebabkan oleh pakaian yang basah karena hujan atau keringat yang tidak segera diganti.

{ 1 Comment... read them below or add one }

Terima kasih telah berkunjung ke Blog dan membaca artikel ini. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan. Kritik dan saran yang membangun akan sangat berharga bagi penulis.

- Copyright © Seribu Satu Langkah -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -