Posted by : Unknown Senin, 29 Desember 2014

Sekilas Pantai Baron
Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi dengan tujuan wisata yang lengkap. Dari wisata alam, kuliner, budaya, dan sejarah semua ada di sini. Di pesisir selatan Yogyakarta, tepatnya Provinsi Gunung Kidul, terdapat deretan pantai yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Dari deretan pantai yang ada di Gunung Kidul, Pantai Baron memiliki pemandangan yang cukup menarik karena pantai ini diapit oleh dua bukit. Di sekitar pantai ini juga terdapat muara sungai lho. Di sekitar pantai terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman, ada juga yang menyewakan payung di pinggir pantai. Pasir di Pantai Baron berwarna agak gelap dengan butiran pasir yang lembut. Ombaknya tidak terlalu besar, namun pantai ini cukup curam, hanya beberapa meter saja dari bibir pantai kedalamannya cukup dalam sehingga harus berhati-hati.

pantai bagus gunung kidul
Pantai Baron, Gunung Kidul
Konon katanya, nama Pantai Baron diambil dari nama seorang bangsawan Belanda bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai yang saat ini dikenal sebagai Pantai Baron. Ada budaya yang unik di pantai ini. Pada tanggal 1 Syuro dalam penanggalan Jawa, masyarakat sekitar mengadakan upacara sedekah laut. Upacara sedekah laut bentuk ungkapan rasa syukur penduduk setempat terhadap hasil laut yang melimpah di Pantai Baron.

Lokasi
Secara administratif, Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 60 Km dari pusat kota Yogyakarta. Jika perjalanan lancar, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 - 3 jam dengan menggunakan mobil atau motor. Berikut ini peta yang dapat jadi acuan.

Tiket
Untuk masuk ke dalam pantai tidak ada tiket masuk perorang, hanya membayar biaya parkir saja. Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk  mobil. Sebenarnya ada tiket perorangan, namun tidak saat di pantai. Tiket perorangan dibayarkan saat memasuki kawasan wisata pantai, masih jauh dari pantai, kira-kira perorang Rp 3000.

Catatan Perjalanan
Kali ini wisata pantai jadi destinasi. Tujuan berwisata tidak hanya satu pantai, tapi beberapa pantai dengan menyusuri tepi pantai. Titik awal dimulai dari pantai Baron menuju ke arah timur hingga Pantai Drini. Jarak yang ditempuh selama perjalanan sekitar 5 Km, memakan waktu sekitar 8 jam. 

Perjalanan di pantai tidak kalah melelahkan dari perjalanan mendaki gunung. Cuaca panas membuat tubuh cepat dehidrasi. Medan berupa bukit karang memisahkan satu pantai dengan pantai lainnya. Permukaan karang yang tajam sangat berbahaya jika menggores kulit. Banyak pantai yang telah dilalui selama perjalanan. Pantai yang dilalui yaitu Baron, Kukup, Krakal, Sepanjang, Watu Kodok, dan Drini, serta beberapa pantai tak berpenghuni yang terletak di antara tebing. 

petualangan outdoor gunung kidul
Di bawah batu karang, sebelah timur Pantai Baron
  Di pantai Kukup, jajanan seafood tidak terlalu mahal. Hanya dengan membayar Rp12000 kita sudah dapat menikmati udang goreng plus lalapan dan menambah nasi sepuasnya. Ukuran udangnya cukup besar lho. Tapi itu dulu mungkin sekarang harnganya sudah naik.

Perjalanan di pantai cukup memuaskan mata dengan pemandangan indahnya. Trip susur pantai berakhir di Pantai Drini. Susur pantai diakhiri dengan menikmati sunset di Pantai Drini.

gunung kidul wisata pantai
Sunset di Pantai Drini



Note : Jika ingin melakukan kegiatan susur pantai sebaiknya dilakukan saat laut sedang surut. Saat pasang, ombak cukup besar dan berbahaya karena hantaman ombak kuat di sekitar tebing karang.

Leave a Reply

Terima kasih telah berkunjung ke Blog dan membaca artikel ini. Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan. Kritik dan saran yang membangun akan sangat berharga bagi penulis.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Seribu Satu Langkah -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -